Kamis, 20 September 2012

Konstruksi Alat Ukur Psikologi

Menciptakan Semangat

Waktu pertama kali mendengar yang namanya Konstruksi Alat Ukur Psikologi, saya langsung terbayang dengan mata kuliah Statistik dan Psikometri, dua mata kuliah yang dipenuhi dengan hitung menghitung dan rumus :D. Wow........yang dulu aja rasanya agak-agak setengah hati menjalaninya, hehehe......"gimana yang sekarang ya"?? 

Karena merasa kecut sebelum berperang, saya mencoba mencari tahu apa iya sesusah bayangan saya, dan hasilnya mahasiswa yang sedang belajar mata kuliah ini maupun yang sudah lulus dari jurusan Psikologi menjuluki mata kuliah ini "Mata Kuliah Terkutuk". Julukan itu diberikan karena memang mata kuliah ini jadi momok dan lulus dari mata kuliah ini bukan perkara mudah. Tapi ya mau tidak mau memang harus dipelajari, yang penting sekarang bagaimana bisa punya semangat lebih dan optimis karena pasti manfaatnya akan lebih besar ketimbang kesusahan yang akan dihadapi nantinya. Kalau untuk hasil liat nanti saja, yang penting usaha dulu kali ya.

Nah... sekedar perkenalan buat mahasiswa yang sedang akan belajar Konstruksi Alat Ukur Psikologi, mata kuliah ini bertujuan mengembangkan ketrampilan mahasiswa dalam menyusun berbagai alat ukur psikologis non kognitif untuk kebutuhan assesmen maupun penelitian. Materi mata kuliah ini mencakup pengertian pengukuran psikologis, cara menyusun berbagai alat ukur, teknik-teknik penskalaan, properti psikometri dalam membuat alat ukur serta cara adaptasi alat ukur. Hasil yang diharapkan dari mahasiswa adalah akan mampu dan agar mempunyai pengetahuan teoritis dan ketrampilan dasar dalam menyusun berbagai alat ukur psikologis secara tepat sehingga dapat digunakan sebagai alat dalam assesmen maupun penelitian. Jadi sangat penting buat para calon Ilmuwan Psikologi untuk bisa menaklukan mata kuliah ini. Siapa tahu salah satu dari kita nantinya bisa menciptakan alat ukur dalam bidang Psikologi yang dipakai tidak hanya di Indonesia tapi juga diakui dunia :)

Sekarang tinggal bagaimana kita menyikapi dan mau belajar dengan lebih serius dan mudah-mudahan sang Dosen bisa membagi dan menyampaikan ilmunya dengan cara yang menyenangkan dan lebih mudah dipahami. Selamat belajar dan Semangat!!!


2 komentar:

  1. Bu Merry...Semangat Pagi, terimakasih sudah berbagi pengetahuan dan pengalamannya...tetap SEMANGAT untuk semua perkuliahan yang akan di lalui...salam SOBAT !

    BalasHapus
  2. Mhon maaf bu APA sajakah Yang Sudah dipelajari dalam psikomerri Dan statistik Yang akan dipelajari kembali d-i konstrukai tes alat ukur?

    BalasHapus